photo w_zpsnnzicugf.png
Sunday 22 March 2015

Manfaat Mendonorkan Darah

Banyak orang yang takut untuk mendonorkan darah, karena berbagai macam alasan, tapi tauhkah sobat kalau mendonorkan darah memiliki banyak manfaat ? Selain bermanfaat bagi orang yang menerima darah, mendonorkan darah juga memiliki banyak manfaat bagi pendonor darah. Apa saja manfaatnya ? Simak saja manfaat ketika sobat mendonorkan darah dibawah ini 

1. Menjaga kesehatan jantung


Tingginya kadar zat besi dalam darah akan membuat seseorang menjadi lebih rentan terhadap penyakit jantung. Zat besi yang berlebihan di dalam darah bisa menyebabkan oksidasi kolesterol. Produk oksidasi tersebut akan menumpuk pada dinding arteri dan ini sama dengan memperbesar peluang terkena serangan jantung dan stroke. Saat kita rutin mendonorkan darah maka jumlah zat besi dalam darah bisa lebih stabil. Ini artinya menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Membantu penurunan berat tubuh


Menjadi donor darah adalah salah satu metode diet dan pembakaran kalori yang ampuh. Sebab dengan memberikan sekitar 450 ml darah, akan membantu proses pembakaran kalori kira-kira 650. Itu adalah jumlah kalori yang banyak untuk membuat pinggang kita ramping.

3. Mendapatkan kesehatan psikologis


Menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada yang membutuhkan akan membuat kita merasakan kepuasan psikologis. Sebuah penelitian menemukan, orang usia lanjut yang rutin menjadi pendonor darah akan merasakan tetap berenergi dan bugar.

4. Membakar Kalori


Menyumbangkan darah secara rutin juga dapat meningkatkan kebugaran. Menyumbangkan satu kantong darah (450 ml) bisa membakar sampai 650 kcal dalam tubuh donor. 

5. Meningkatkan Produksi Sel Darah Baru 


Ketika darah diambil, tubuh si pendonor mulai beregenerasi dan mengisi darah yang hilang. Sel-sel baru diproduksi oleh sumsum dalam waktu 48 jam, dan semua sel darah merah pendonor akan kembali normal dalam waktu 1-2 bulan. Oleh karena itu, donor darah membantu tubuh untuk merangsang produksi sel-sel darah baru. Proses pengisian ulang tersebut dapat membuat tubuh Anda tetap sehat dan bekerja lebih efisien. 

6. Mendeteksi penyakit serius


Setiap kali kita ingin mendonorkan darah, prosedur standarnya adalah darah kita akan diperiksa dari berbagai macam penyakit seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C, sifilis, dan malaria. Bagi yang menerima donor darah, ini adalah informasi penting untuk mengantisipasi penularan penyakit melalui transfusi darah. Sedangkan untuk kita, ini adalah “rambu peringatan” yang baik agar kita lebih perhatian terhadap kondisi kesehatan kita sendiri.

7. Meningkatkan produksi sel darah merah


Donor darah juga akan membantu tubuh mengurangi jumlah sel darah merah dalam darah. Tak perlu panik dengan berkurangnya sel darah merah, karena sumsum tulang belakang akan segera mengisi ulang sel darah merah yang telah hilang. Hasilnya, sebagai pendonor kita akan mendapatkan pasokan darah baru setiap kali kita mendonorkan darah. Oleh karena itu, donor darah menjadi langkah yang baik untuk menstimulasi pembuatan darah baru.

9. Menyelamatkan Kehidupan Orang Lain


Dengan mendonorkan darah, banyak jiwa yang terselamatkan dan dapat memberikan harapan sembuh bagi orang yang hampir putus asa. Donor darah seperti memberikan pasien kesempatan hidup kedua. 

10. Mengurangi Risiko Terkena Kanker
Donor Darah yang konsisten dapat menekan resiko penyakit kanker, termasuk hati, paru-paru, usus besar, lambung dan kanker tenggorokan. Tingkat risiko penurunan tergantung seberapa sering pendonor menyumbangkan darah mereka, tapi jangan sampai kurang dari 1 bulan sekali, karena akan membuat anda anemia.

11. Memperpanjang Angka Harapan Hidup


Melakukan hal yang baik bagi orang lain adalah salah satu cara untuk hidup lebih lama. Sebuah penelitian di Health Psychology mendapati bahwa orang yang secara sukarela karena alasan sosial memiliki risiko secara signifikan mengurangi kematian empat tahun kemudian dibandingkan dengan mereka yang secara sukarela untuk diri mereka sendiri saja.


Biasakanlah diri sobat untuk mendonorkan darah. Jangan takut ketika sobat mendonorkan darah, mendonorkan darah banyak memiliki manfaatnya. Saya sendiri sangat ingin mendonorkan darah, tapi malah tidak bisa mendonorkan darah karena suatu hal. Percayalah setiap kebaikan yang sobat lakukan kepada orag lain, pasti akan mendapatkan balasan, walaupun itu bukan melalui orang yang sobat tolong :)

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2012 Mr. Tama All Right Reserved