photo w_zpsnnzicugf.png
Sunday 1 March 2015

[Analisis] Heboh Warna Dress Di Tumblr !!! Biru Hitam Atau Putih Emas ?

Baru-baru ini netizen sempat dihebohkan oleh sebuah dress ??? Poto dress yang diupload di tumblr tersebut membuat bingung sebagian orang, kenapa ? Karena sebagian orang melihat warna dress tersebut berwarna biru hitam, dan sebagian lagi orang melihatnya dengan warna putih emas
Guys please help me – is this dress white and gold, or blue and black? Me and my friends can’t agree and we are freaking the f**k out

Sebuah pertanyaan yang simpel tetapi membuat bingung sebagian orang, pertanyaan itu bahkan menimbulkan perdebatan hangat di social media. Ketika dipandang sekilas dress tersebut terlihat bewarna biru dengan garis hitam. Tapi setelah dipandang lekat-lekat hingga sedikit puyeng, tiba-tiba warnanya menjadi putih dengan garis emas. kok bisa?!

Berdasarkan survey yang dilakukan www.buzzfeed.com kebanyakan orang lebih banyak memilih melihat warna dress tersebut dengan warna putih emas

Seorang yang tidak diketahui namanya jago photoshop menjelaskan bahwa poto yang diupload di tmblr tersebut terlalu cerah, sehingga susah untuk diidentifikasi

Setelah si ahli photoshop tersebut menyesuaikan kecerahan warna poto tersebut, maka hasilnya seperti diatas

Bahkan para selebriti wanita pun turut mempertanyakan warna gaun ini melalui akun Twitter mereka. Taylor Swift menuliskan,"I don't understand this odd dress debate and I feel like it's a trick somehow. I'm confused and scared. PS it's OBVIOUSLY BLUE AND BLACK." (Aku tidak mengerti soal perdebatan aneh soal warna gaun ini, dan entah mengapa aku merasa ini seperti sebuah trik. Aku bingung dan takut. PS, gaun ini jelas-jelas berwarna hitam dan biru).


Kemudian, Julianne Moore, yang baru saja memenangkan Best Actress dalam Academy Awards 2015, ikut meramaikan seteru warna gaun ini. Pada akun @_juliannemoore, dia menuliskan, "What’s the matter with you guys, it’s white and gold," (Kalian ini kenapa? Ini warna putih dan emas).


Ulasan di situs Wired, Jumat (27/2/2015), menunjukkan bahwa dasar munculnya perbedaan itu adalah mekanisme penglihatan manusia dan pengaruh cahaya Matahari pada siang hari terhadap penentuan warna.

Cahaya yang ada di alam menempa sebuah benda, memantul, kemudian menuju mata manusia. Retina manusia menangkap cahaya yang datang dengan panjang gelombang tertentu. Selanjutnya, rangsangan akan diterima saraf mata, diproses di korteks penglihatan pada otak.

Seharusnya, warna yang manusia tangkap dan terjemahkan adalah warna sejati dari sebuah benda. Namun, Jay Neitz, ahli saraf dari University of Washington, mengatakan bahwa yang terjadi tak selalu begitu.

Menurut dia, akibat cahaya matahari atau sinar lampu, manusia kadang menangkap warna benda berbeda dari aslinya. Satu individu bisa menangkap warna berbeda dengan individu lain akibat iluminasi cahaya tersebut. 

Bevil Conway, ahli neurologi dari Wesley College, juga mengatakan hal yang sama. Cahaya kemerahan fajar, birunya langit pada siang hari, serta jingga pada senja memengaruhi warna yang ditangkap manusia.

Warna dari dress tersebut mulai semakin jelas, coba sobat sekalian search di Google, maka akan ada toko yang menjual dress tersebut dengan warna biru hitam dan toko tersebut tidak menjual dress warna putih emas

Bahkan mereka juga menjual warna putih gading, merah, dan pink tapi gak ada yang warna puth dan emas.


Gak perlu ngulik-ngulik teori ilusi optikal atau koreksi penglihatan mata, foto yang satu ini adalah bukti yang tak terbantahkan lagi! 
Ini foto ketika baju itu dikenakan ibu dari teman pemilik Tumblr itu. 
Sudah jelaskan ? Warna dari dress tersebut adalah biru hitam, bagaimana dengan sobat sekalian ? Apakah melihatnya dengan warna biru hitam atau putih keemasan ? Kalau saya sendiri melihatnya dengan warna biru hitam:)

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2012 Mr. Tama All Right Reserved