photo w_zpsnnzicugf.png
Saturday 11 April 2015

Cara Mengubah Harddisk GPT Menjadi MBR, Agar Bisa Diinstal Windows


Menginstal windows pada laptop merupakan hal yang mudah, tetapi ketika menginstal laptop sering ditemukan kendala pada laptop-laptop tertentu, apalagi jika sobat sudah tidak bisa lagi masuk ke Windows, dan sobat telah memformat sistem operasi yang ada pada harddisk sobat. Salah satu penyebab tidak bisa diinstalnya windows pada harddisk laptop adalah karena harddisk atau partisi sobat berformat GPT (GUID Partition Table), salah satu cara agar harddisk yang berformat GPT bisa diinstal Windows adalah dengan mengubahnya ke format MBR (Master Boot Record). Tanpa perlu berlama-lama ini sudah kepajangan woyy dibawah ini saya akan memberikan tutorial cara mengubah harddisk berpartisi GPT menjadi MBR :
  1. Pastikan data dihardisk sobat telah di Backup karena syarat menghapus GPT Partision Style adalah menghapus seluruh isi harddisk
  2. Ubah Boot mode UEFI menjadi CSM / Legal Boot (Masuk BIOS - Advance - System Configuration - Boot Mode). Cara masuk bios berbeda pada setiap laptop, ada yang menggunakan F2, F8, dan F10
  3. Jalankan CD instalasi windows
  4. Setelah di halaman welcome instalasi, ketik Shift+F10 (akan tampil cmd administrator)
  5. Ketik "diskpart" (memanggil aplikasi diskpart)
  6. Ketik "list disk" (menampilkan seluruh list partisi hardisk)
  7. Lihat partisi disk yang ada tanda * pada kolom GPT
  8. Ketik "select disk nomor_disk" (ganti nomor_disk dengan nomor partisi disk yang ada tanda * pada kolom GPT)
  9. Ketik "clean"
  10. Setelah itu exit

34 komentar:

  1. Apakah isi dari D atau E juga ikut terhapus gan ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak gan, selama disk D sama E gak di clean :)

      Delete
    2. Hirens 2018 New Generation Support HDD GPT + UEFI-CSM READY!
      cobain open source project rancangan ane gan >

      IT Tools Pack Solution

      (Tersedia Acronis 2018 + Norton Ghost + Minitool Partition Wizard Technician 9.1 + DLL)

      #SalamSatuTeknologi

      Delete
  2. Kang maaf saya dah coba tapi ga bisa? Soalnya partisi yang terlihat cuman satu disk 0. Pas mau diinstal win7 tetep ga bisa. Mohon penjelasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin disk agan cuman ada 1 partisi, coba disk 0 nya di clean

      Delete
  3. numpang tanya gan,
    saya pakek windows 8.1, jadi saya sudah terlanjur clean semua disk di cmd, pas saya ketik list disk cuma ada disk 0, jadi caranya gimana lagi gan?
    saya mau instal win 7.
    mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
  4. tengkyu bgt gan..sngat mmbantu .. :)

    ReplyDelete
  5. Gan kalo ane udah lebih dlu clean disk, tp tetep gak bisa gimana ya?

    ReplyDelete
  6. Gan kalo ane udah lebih dlu clean disk, tp tetep gak bisa gimana ya?

    ReplyDelete
  7. apakah pada saat di clean pertisi "d" dan "e" tidak ikut terhapus kan?

    ReplyDelete
  8. Makasih banyak gan, it's work

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Terima kasih, semoga yg kuasa membalas kbaikan anda...

    ReplyDelete
  11. udah nyoba , tapi sayang, Partisinya cuma 1, jadi kalo mau hapus , kehapus semua :(

    ReplyDelete
  12. saya sudah tekan shift + f10 tapi tetap pada tampilan welcome install

    ReplyDelete
  13. Cara ngembaliin nya gimana gan?

    ReplyDelete
  14. Trimakasih admin sangat membantu

    ReplyDelete
  15. Kalo punya saya HDD 4TB setelah clean kan jadi 1. Nah pas di partisi malah otomatis ada sisa 2TB kurang. Dan gk bisa di partisi.
    Iru gimana solusinya gan.

    ReplyDelete
  16. Maaf gan ane coba yg kebaca cuma q partisi ya?

    ReplyDelete
  17. Di kolom gpt nya ga ada tanda bintang nya gan

    ReplyDelete
  18. Gan klo pas di ketik list disk ga muncul * gimana ya

    ReplyDelete
  19. thanks, sangat membantu banget

    ReplyDelete

Copyright © 2012 Mr. Tama All Right Reserved