photo w_zpsnnzicugf.png
Saturday 2 May 2015

Arti Dari Warna Helm Safety



Sejarah
Pada awal mulanya dulu, penggunaan helm keselamatan (safety helmet) dimulai dari para pekerja di dock/galangan kapal. Sebelum helm keselamatan ini diciptakan biasanya mereka nutupin kepala mereka menggunakan aspal kering (yang sudah mengeras karena dijemur matahari).

Tujuan penggunaan aspal kering ini untuk menutupi/melindungi kepala mereka dari ancaman tertimpa atau kejatuhan benda-benda yang ada diatas geladak kapal yang lagi mereka bangun. Biasanya ada burung camar yang iseng gigit baut/mur kapal dari atas geladak yang dikiranya makanan taunya gak bisa dimakan, akhirnya djatuhin gtu aja tuh baut/mur tadi. resiko terkena baut/mur ini lah yang membuat para pekerja galangan kapal menggunakan pelindung kepala dari aspal kering tadi.

Secara resmi helm keselamatan pertama dikembangkan tahun 1912 di Worker's Accident Insurance Institute Kerajaan Bohemia.

Selain pekerja dok kapal, para pekerja tambang juga udah mulai menggunakan helm keselamatan, tapi terbuat dari bahan kulit yang tebal. Ide pengembangan helm keselamatan semakin berkembang setelah perang dunia pertama dimana tren prajurit yang perang menggunakan helm baja sebagai pelindung kepala.

Nah di tahun 1919 baru pertama kali helm keselamatan di patenkan oleh Edward Dickinson Bullard. Helm Keselamatan ini terbuat dari kanvas tebal yang di press, lem, dan cat.

Bahan Dasar
Selain sejarah asal muasal nya, bahan dasar pembuatan helm keselamatan juga berubah-rubah seiring dengan perkembangan teknologi/penemuan material baru yang lebih efektif dan efisien. 
1. Aspal yang dikeringkan (sebelum Tahun 1912)
2. Kanvas Tebal (Tahun 1919)
3. Alumunium (Tahun 1938 kecuali untuk pekerja di bidang listrik, bisa kesetrum gan )
4. Fiberglass (Tahun 1940an) 
5. Thermoplastic (Tahun 1950an)
6. High Density Polyethylene atau HDPE (sampai sekarang masih digunakan)

Arti Warna Helm Safety
Namun sekarang ini ada arti tersendiri dari warna pada helm safety. Pasti banyak diantara kita yang pernah melihat karyawan yang memakai helm safety atau helm proyek. Tentu yang terlintas dalam pikiran kita ketika melihat seseorang menggunakan helm tersebut adalah mereka dari pekerja bangunan atau mungkin juga seorang kontraktor.

Selain itu biasanya kita juga melihat ketika helm tersebut diletakan di kaca depan atau kaca belakang kenderaan. Mungkin kebanyakan orang akan beranggapan helm tersebut ditempatkan di situ untuk memudahkan mereka mengambilnya ketika ingin memulai tugas.

Namun ternyata meletakan helm safety di depan/dibelakang kaca kendaraan memiliki arti tersendiri. Bagi mereka yang memahami maksud yang tersirat dan tersurat dari meletakan helm tersebut yang ditempatkan di depan/belakang kaca kendaraan pastinya akan memberikan persepsi yang berbeda.

Bagi orang yang mengetahui arti warna helm safety yang diletakan dibelakang kaca kendaraan, mereka bisa mengetahui apa peran/jabatan orang tersebut dalam suatu proyek. Sehingga orang tersebut dapat mengetahui dan berkata “ternyata dia seorang insinyur”. Ada juga yang menilai dan berkata “ternyata dia perkerja umum”.

Helm tersebut sebenarnya tidak perlu diletakan di depan/belakang kaca kendaraan. Karena kalau tujuannya untuk memudahkan mengambilnya sebaiknya diletakkan di atas kursi belakang atau didalam kap saja.

Biasanya kalau kita perhatikan warna helm safety yang diletakan di depan/belakang kaca kendaraan adalah helm safety berwarna putih. Kenapa helm yang berwarna putih? Karena helm safety warna putih ini biasanya hanya dipakai oleh orang yang memiliki jabatan tinggi seperti seorang insinyur atau pihak manajemen. Karena itu kalau di site mereka yang pakai helmet putih lebih dihormati karena memang mereka memiliki jabatan yang tinggi.

Berikut ini adalah beberapa lagi warna helm safety yang mencerminkan posisi atau jabatan seseorang.
  • Helm safety warna putih biasanya dipakai oleh manajer, pengawas, insinyur, mandor.
  • Helm safety warna biru biasanya dipakai oleh site supervisor, electrical contractor atau pengawas sementara.
  • Helm safety warna kuning biasanya dipakai oleh sub contractor atau pekerja umum.
  • Helm safety warna hijau biasanya dipakai oleh pengawas lingkungan.
  • Helm safety warna pink biasanya dipakai oleh pekerja baru atau magang.
  • Helm safety warna orange biasanya dipakai oleh tamu perusahaan.
  • Helm safety warna merah biasanya dipakai oleh safety officer yang bertanggung jawab untuk memeriksa sistem keselamatan sudah terpasang dan berfungsi sesuai dengan standar yang ditetapkan.


1 komentar:

Copyright © 2012 Mr. Tama All Right Reserved